Tema :Preferensi khalayak/masyarakat umum lebih memilih Harian Kompas dibandingkan surat kabar yang lain
Tempat Observasi :Agen Koran Depan Toko Mitra Wisma Asri
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di dalam kehidupan masyarakat yang modern saat ini, komunikasi merupakan suatu kebutuhan yang memegang peranan yang penting terutama di dalam proses penyampaian informasi dari satu pihak kepada pihak lain. Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang ada, telah memudahkan masyarakat dalam menerima informasi – informasi tentang peristiwa – peristiwa, pesan, pendapat, berita, ilmu pengetahuan dan yang lainnya. Untuk menyebarkan informasi – informasi kepada khalayak yang bersifat massal diperlukan sebuah media. Tujuannya antara lain untuk memudahkan proses pengiriman pesan agar khalayak dapat dengan mudah menerimanya. Media komunikasi saat ini berperan sangat penting dalam kehidupan sosial, budaya, politik, dan juga ekonomi. Tujuan utama diterbitkan media cetak oleh suatu kelompok/perorangan adalah untuk menjangkau khalayaknya yang berupa komunitas dari kelompok tersebut yang tersebar di suatu lokasi bisa pedesaan/kecamatan/kabupaten/provinsi/kepulauan tertentu.
Berbagai macam surat kabar pun hadir di tengah-tengah masyarakat. Mulai dari Kompas, WartaKota, Sindo, Republika, Lampu merah, dll, mencoba menyajikan kebutuhan masyarakat akan informasi/berita atau fenomena yang terjadi di berbagai penjuru dunia. Informasi/berita yang disajikan pun beraneka ragam mulai dari politik, kriminalitas, ekonomi, seni, sosial, olahraga, bisnis, hingga seputar hiburan. Sekilas surat kabar itu hampir sama, tetapi ada faktor lain yang menyebabkan masyarakat cenderung memilih surat kabar harian "Kompas" sebagai sumber informasi serta bahan referensi mereka. Di samping Kompas memberikan informasi lengkap, terutama informasi mengenai lowongan pekerjaan, dan juga khususnya isi beritanya disajikan lebih lengkap, ada faktor lain yaitu berupa kepercayaan masyarakat terhadap surat kabar harian Kompas tersebut (Loyalitas Merek).
Untuk itulah dalam penulisan ini penulis memilih judul "Pengaruh Citra Merek (Brand image) Surat Kabar Harian Kompas Terhadap Loyalitas Merek Pada Masyarakat Pelanggan Harian Kompas".
1.2 Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah dalam penulisan "PENGARUH CITRA MEREK ( BRAND IMAGE ) SURAT KABAR HARIAN KOMPAS TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA MASYARAKAT PELANGGAN HARIAN KKOMPAS", ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan antara lain :
1. Mengapa sekelompok orang/masyarakat lebih memilih koran "Kompas" sebagai informasi/berita sebagai referensi atau kebutuhan mereka ?
2. Faktor apa saja yang menjadi kelebihan/daya tarik koran "Kompas" tersebut dibandingkan dengan jenis/macam koran lainnya ?
3. Apakah koran "Kompas" yang beredar di pasaran mampu menyaingi tingkat penjualan dibandingkan dengan koran yang lainnya ?
1.3 Batasan Masalah
Dengan melihat ruang lingkup tema atau judul penulisan yang cukup luas, maka penulis memberikan batasan-batasan masalah guna mencapai analisis akhir yang lebih baik dan relevan. Adapun batasan masalah pada penulisan ini adalah :
1. Harian Surat Kabar (KOMPAS)
2. Masyarakat umum khususnya kalangan pekerja
Masalah yang akan penulis bahas berdasarkan pengamatan serta survey yang dilakukan melalui wawancara langsung kepada penjual koran serta berdasarkan survey kepada beberapa konsumen harian "Kompas".
1.4 Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui alasan utama masyarakat/sekelompok orang lebih memilih surat kabar harian kompas sebagai sumber berita referensi.
2. Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kelebihan/daya tarik surat kabar harian kompas dibandingkan dengan surat kabar lainnya.
3. Untuk mengetahui tingkat penjualan surat kabar harian kompas dibandingkan dengan surat kabar lainnya.
1.5 Sistematika Penulisan
Penulisan ini terdiri dari 5 BAB, dimana :
a. BAB I
BAB I berisikan Latar Belakang Masalah, Tujuan Penulisan, Batasan Masalah, Indetifikasi Masalah, Sistematika Penulisan dan Kerangka Pemikiran.
b. BAB II
BAB II merupakan Landasan Teori. Berisikan teori-teori yang mendukung penulisan ini.
c. BAB III
BAB III merupakan Metodologi.
d. BAB IV
BAB IV merupakan Pembahasan.
e. BAB V
BAB V merupakan Simpulan dan Saran. Berisi tentang simpula yang diambil dari pembahasan dan juga teori-teori yang mendukung serta saran.
f. DAFTAR PUSTAKA
1.6 Kerangka Pemikiran
Didasarkan pada pemikiran berupa :
a. Arti Media Cetak
Menurut Hamundu (1999), Media cetak merupakan bagian dari media massa yang di gunakan dalam penyuluhan. Media cetak mempunyai Karateristik yang penting. Media cetak membantumembantu penerimaan informasi untuk mengatur masukan informasi tersebut. Lebih jauh lagi media cetak dapat diseleksi oleh pembaca secara mudah dibandingan dengan media berupa radio ataupun televisi. Menurut Rhenald Khasali (1995:99) Media cetak adalah susatu media yang statis dan mengutamakan pesan-pesan visual. Media ini terdiri dari lembaran dengan sejumlah kata, gambar, atau foto dalam tata warna dan halaman putih. Fungsi utama media cetak adalah memberi informasi dan mengibur.
b.Keunggulan Media Cetak (Surat Kabar)
> Market Coverage
Surat kabar dapat menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai cakupan pasar.
> Comparison Shooping
Kebiasaan konsumen membawa surat kabar sebagai referensi.
> Positive Consumer Attitudes
Memuat hal2 actual yang perlu segera diketahui khalayaknya pembaca.
> Flexibility
Pengiklanan dapat bebas emilih pasar mana yang akan diperioritaskan, sehingga dapat memilih media mana yang cocok.
C. Fungsi Media Cetak (Surat Kabar)
Menurut Agee, surat kabar memiliki tiga fungi utama dan fungsi sekunder, yaitu sebagai berikut :
* Fungsi Utama Media adalah :
1. To inform (Menginformasikan pada pembaca secara objektif tentang apa yang terjadi dalam suatu komunitas, negara dan dunia)
2. To Comment (mengomentari berita yang disampaikan dan mengembangkannya dalam fokus berita)
3. To Provide (menyediakan keperluan informasi bagi pembaca yang membutuhakan barang dan jasa melalui pemasangan iklan di surat kabar)
* Fungsi Sekunder Media adalah :
1. Untuk mengkampanyekan proyek-proyek yang bersifat kemasyarakatan untuk membantu kondisi-kondisi tertentu.
2. Memberikan hiburan bagi pembaca dengan sajian cerita komik, kartun dan cerita-cerita khusus.
3. Melayani pembaca sebagai konselor yang ramah, menjadi agen informasi dan memperjuangkan hak.
Pages
Selasa, 23 November 2010
this me.. :D
Labels
Mengenai Saya
- all about susan
- hmmmpppp .. menilai diri sendiri itu ga' mudah,, so far gw cuma wanita biasa yg punya sejuta mimpi & harapan yg segera ingin diwujudkan!Entah penilaian orang apa, tapi.. gw ingin dikagumi bkn krn fisik semata tp inner beauty dlm diri gw.gw hanya hamba ALLAH yang berusaha menjadi KEBANGGAAN utk keluarga, sahabat, maupun di hadapan-NYA.
Pengikut
Diberdayakan oleh Blogger.
1 komentar:
Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
profit,bergabung sekarang juga dengan kami
trading forex fbsasian.com
-----------------
Kelebihan Broker Forex FBS
1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
Indonesia dan banyak lagi yang lainya
Buka akun anda di fbsasian.com
-----------------
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
Tlp : 085364558922
BBM : fbs2009
Posting Komentar