RESENSI
LATAR BELAKANG
Dalam memberikan penilaian atau sekedar mendapatkan informasi dari sebuah buku atau film, mutlak dibutuhkan suatu resensi. Apakah istilah resensi sebenarnya? Sebuah tulisan atau ulasan mengenai nilai-nilai yang terkandung pada sebuah karya tulis. Dengan resensi, karya dapat dinilai secara langsung dan tentu secara tidak langsung mempengaruhi konsumen untuk turut menikmati karya tersebut.
Tujuan dari resensi sendiri adalah menyampaikan kepada para pembaca mengenai kepatutan sebuah karya dalam memperoleh sambutan dari masyarakat. Seorang penulis resensi memiliki tujuan untuk membantu para pembaca mengenai perlu tidaknya sebuah buku dibaca atau sebuah hasil karya dinikmati seperti drama, film, sinetron, dan lain sebagainya.
Resensi sendiri disesuaikan dengan selera pembaca. Oleh karena itu, resensi yang dimuat pada sebuah media cetak bisa jadi tidak sama dengan yang dituliskan pada media cetak lain. Resensi juga disesuaikan dengan latar belakang tingkat pendidikan pembacanya karena pembaca merupakan orang yang akan dihadapkan langsung pada hasil resensi seorang penulis resensi.
1. PENGERTIAN RESENSI
Secara etimologis, kata “Resensi” berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata kerja “revidere” atau “recensere”. Kedua kata tersebut berarti melihat kembali, menimbang, atau menilai. Dalam bahasa Belanda dikenal dengan istilah “recensie” dan dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah “review”.
Gorys Keraf mendefinisikan resensi sebagai ”Suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya atau buku” (Keraf, 2001 : 274). Dari pengertian tersebut muncul istilah lain dari kata resensi yaitu kata pertimbangan buku, pembicaraan buku, dan ulasan buku. Intinya membahas tentang isi sebuah buku baik berupa fiksi maupun nonfiksi. Berdasarkan beberapa pendapat tersebut penulis menyimpulkan bahwa resensi adalah tulisan ilmiah yang membahas isi sebuah buku, kelemahan, dan keunggulannya untuk diberitahukan kepada masyarakat pembaca.
2. TUJUAN RESENSI
Sebelum meresensi, hendaknya peresensi memahami tujuan resensi. Daniel Samad (1997 : 2) mengemukakan tujuan penulisan resensi yang meliputi lima tujuan, antara lain yaitu :
• Memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif tentang apa yang tampak dan terungkap dalam sebuah buku.
• Mengajak pembaca untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jauh fenomena atau problema yang muncul dalam sebuah buku.
• Memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah sebuah buku pantas mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak.
• Menjawab pertanyaan yang timbul jika seseorang melihat buku yang baru terbit seperti: siapa pengarangnya, mengapa ia menulis buku itu, bagaimana hubungannya dengan buku-buku sejenis karya pengarang yang sama, dan bagaimana hubungannya dengan buku sejenis karya pengarang lain?
3. SISTEMATIKA RESENSI
Sistematika resensi atau bagian-bagian resensi dikenal juga dengan istilah unsur resensi. Unsur yang membangun sebuah resensi menurut Samad (1997 : 7-8) adalah sebagai berikut: (1) judul resensi; (2) data buku; (3) pembukaan; (4) tubuh resensi; dan (5) penutup. Penjelasan tentang bagian-bagian tersebut dapat diuraikan sebagai berikut, yaitu :
a) Judul Resensi
Judul resensi harus menggambarkan isi resensi. Penulisan judul resensi harus jelas, singkat, dan tidak menimbulkan kesalahan penafsiran. Judul resensi juga harus menarik sehingga menimbulkan minat membaca bagi calon pembaca. Sebab awal keinginan membaca seseorang didahului dengan melihat judul tulisan. Jika judulnya menarik maka orang akan membaca tulisannya.
Sebaliknya, jika judul tidak menarik maka tidak akan dibaca. Namun perlu diingat bahwa judul yang menarik pun harus sesuai dengan isinya. Artinya, jangan sampai hanya menulis judulnya saja yang menarik, sedangkan isi tulisannya tidak sesuai, maka tentu saja hal ini akan mengecewakan pembaca.
b) Data Buku
Secara umum ada dua cara penulisan data buku yang biasa ditemukan dalam penulisan resensi di media cetak antara lain:
a. Judul buku, pengarang (editor, penyunting, penerjemah, atau kata pengantar), penerbit, tahun terbit, tebal buku, dan harga buku.
b. Pengarang (editor, penyunting, penerjemah, atau kata pengantar, penerbit, tahun terbit, tebal buku, dan harga buku.
c) Pendahuluan
Bagian pendahuluan dapat dimulai dengan memaparkan tentang pengarang buku, seperti namanya, atau prestasinya. Ada juga resensi novel yang pada bagian pendahuluan ini memperkenalkan secara garis besar apa isi buku novel tersebut. Dapat pula diberikan berupa sinopsis novel tersebut.
d) Tubuh Resensi
Pada bagian tubuh resensi ini penulis resensi (peresensi) boleh mengawali dengan sinopsis novel. Biasanya yang dikemukakan pokok isi novel secara ringkas. Tujuan penulisan sinopsis pada bagian ini adalah untuk memberi gambaran secara global tentang apa yang ingin disampaikan dalam tubuh resensi. Jika sinopsisnya telah diperkenalkan peresensi selanjutnya mengemukakan kelebihan dan kekurangan isi novel tersebut ditinjau dari berbagai sudut pandang—tergantung kepada kepekaan peresensi.
e) Penutup
Bagian akhir resensi biasanya diakhiri dengan sasaran yang dituju oleh buku itu. Kemudian diberikan penjelasan juga apakah memang buku itu cocok dibaca oleh sasaran yang ingin dituju oleh pengarang atau tidak. Berikan pula alasan-alasan yang logis.
4. POLA TULISAN RESENSI
Ada tiga pola tulisan resensi buku, yaitu meringkas, menjabarkan, dan mengulas.
a. Meringkas (sinopsis), berarti menyajikan semua persoalan buku secara padat dan jelas. Sebuah buku biasanya menyajikan banyak persoalan. Persoalan-persoalan itu sebaiknya diringkas. Untuk itu, perlu dipilih sejumlah masalah yang dianggap penting dan ditulis dalam suatu uraian yang benar.
b. Menjabarkan (deskripsi), berarti mengungkapkan hal-hal menonjol dari sinopsis yang sudah dibuat. Jika perlu, bagian-bagian yang mendukung uraian itu dikutip.
c. Mengulas, berarti menyajikan uraian sebagai berikut:
- isi pernyataan atau materi buku yang sudah dipadatkan dan dijabarkan kemudian diinterpretasikan;
- organisasi atau kerangka buku;
- bahasa;
- kesalahan cetak;
- membandingkan (komparasi) dengan buku-buku sejenis, baik karya pengarang sendiri maupun karya pengarang lain;
- menilai, mencakup kesan peresensi terhadap buku, terutama yang berkaitan dengan keunggulan dan kelemahan buku
5. TAHAPAN RESENSI
Berikut ini merupakan tahapan atau langkah - langkah dalam menulis resensi, antara lain yaitu :
• Tahap Persiapan
(a) Membaca contoh-contoh resensi
(b) Menentukan buku yang akan diresensi.
• Tahap Pengumpulan data
(a) Membaca buku yang akan diresensi
(b) Menandai bagian-bagian yang akan dijadikan kutipan sebagai data
(c) Menuliskan data-data penulisan resensi.
• Tahap penulisan meliputi
(a) Menuliskan identisa buku
(b) Mengemukakan sinopsis novel
(c) Mengemukakan kelebihan dan kekurang-an buku novel
(d) Mengemukakan sasaran pembaca
(e) Mengoreksi dan memperbaiki resensi berdasarkan susunan kalimatnya, kohesi dan koherensi karangan, diksi, ejaan dan tanda bacanya.
6. CONTOH RESENSI
“RESENSI FILM”
Judul film : Children Of Heaven
Jenis film : Drama (semua umur)
Produser : Amir Esfandiari
Sutradara : Majid Majidi
Penulis : Majid Majidi
Pemain : Amir Farrokh Hashemian (sebagai Ali) dan Bahare Seddiqi (sebagai Zahra)
Sinopsis :
Children of Heaven merupakan sebuah kisah dari negeri Timur Tengah. Seorang anak kecil bernama Ali Mandengar (diperankan oleh Amir Farrokh Hashemian) hidup sangat sederhana di tengah-tengah keluarga bersama dengan kedua orang tuanya dan kedua adiknya.
Ali tanpa sengaja menghilangkan sepatu satu-satunya milik Zahra adiknya, Zahra sedih dan merasa amat kesal saat sepatunya hilang oleh kakaknya, Ali. Di sisi lain, Ali pun khawatir jika kasus hilangnya sepatu itu akan diketahui oleh sang Ayah. Maka, demi menutupinya, mereka mesti bergantian memakai sepatu Ali untuk pergi bersekolah. Zahra yang masuk lebih pagi akhirnya harus berlari sepulang sekolah untuk menyerahkan sepatu yang ia kenakan kepada Ali yang masuk siang.
Beberapa kecerdikan khas anak-anak dalam menghadapi masalah terlihat di lakon ini. Ali beberapa kali harus berbohong pada gurunya ketika ia terlambat. Bahkan pernah sekali waktu, Ali diusir Kepala Sekolah, meski kemudian dibantu seorang guru untuk bisa masuk kelas.
Disinilah kemudian kisah heroik Ali dimulai. Suatu hari, ia melihat pengumuman di sekolah mengenai lomba lari marathon, yang untuk juara ketiga tersedia hadiah sepasang sepatu baru. Melihat kesempatan ini, Ali merasa mendapatkan jalan untuk mengganti sepatu adiknya.
Kebiasaan harus berlari kencang tiap hari ke sekolah, termasuk pengalaman dikejar anjing ketika membantu ayahnya menjadi tukang kebun, memercikkan sebuah optimisme pada Ali untuk mencoba tantangan lomba lari itu.
Lomba berjalan seperti harapan. Ali dan rombongannya, yang datang dengan truk dan berbusana seadanya, harus berhadapan dengan anak-anak elit yang sepertinya terlatih untuk memenangkan lomba ini. Ali terus memacu langkahnya untuk menjadi juara ketiga. Meski sempat terjatuh di tengah lomba, ia terus berlari, hingga ia lupa bahwa ia hanya ingin juara ketiga. Kenyataan berjalan tak sesuai keinginan, Ali menjadi juara pertama.
Unsur Intrinsik
Latar tempat : Sekolah, Jembatan, Rumah
Latar Waktu : Dominan Pagi Dan Siang Hari
Alur : Maju
Kelebihan film Chidren of Heaven :
1. Film Children of Heaven merupakan film anak - anak bernafaskan Islam dengan tema yang sederhana namun penuh penyampaian pesan pendidikan dan moral tanpa dibuat – buat.
2. Film Children of Heaven ini mampu membangkitkan emosional penonton, dengan cerita yang menyentuh yaitu ketika ali berusaha mengganti sepatu sang adik (Zahra) walaupun dengan perjuangan yang berat sebagai tanggung jawabnya.
3. Banyak sekali pesan moral dalam film ini diantaranya ikhlas dan tawakkal, tanggung jawab dan kesopanan, berbakti pada orang tua, taat kepada orang tua, menghargai hasil kerja anak, melatih kejujuran, kebersamaan dan kasih sayang, dan rela berkorban untuk saudara.
Kekurangan film Children of Heaven :
1. Dalam film ini terkesan monoton, terlalu banyak scene ketika ali dan Zahra berlari untuk bertukar sepatu.
2. Ending cerita dalam film ini sedikit menggantung, yaitu tidak diceritakan untuk membeli sepatu baru ketika ali memenangkan juara pertama lomba lari di sekolahnya.
DAFTAR PUSTAKA :
• http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/06/prinsip-prinsip-resensi-buku-sastra.html
• http://www.lintasberita.com/Lifestyle/Pendidikan/pengertian-resensi
• http://barnas.wordpress.com/2008/07/23/berita-terkini-gusdur-ancam-boikot-pemilu-2009/
• http://idsoftwaredownload.com/contoh-contoh/resensi-beserta-contohnya.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar