Minggu, 30 Januari 2011

PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) SURAT KABAR HARIAN KOMPAS TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA MASYARAKAT PELANGGAN HARIAN KOMPAS

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN


5.1 Kesimpulan
Dari hasil analisis dan pembahasan seperti pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa :
1. Terdapat hubungan pengaruh positif yang signifikan antara kepuasan konsumen dengan kesetiaan merek (Loyalitas merek), namun penting bagi penerbit untuk meningkatkan faktor-faktor lainnya yaitu keandalan, ketanggapan, keyakinan dan empati dalam upaya mempertahankan konsumen yang loyal. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini mendukung teori tentang kesetiaan merek (loyalitas merek).
2. Persepsi konsumen mengenai Kompas yang sudah lebih terkenal di masyarakat ternyata selain karena penyajian isi beritanya lengkap namun faktor yang lebih penting yaitu tingkat kepercayaan surat kabar Harian Kompas. Sehingga dengan adanya kepercayaan maka akan didapat kepuasan tersendiri yang dimiliki oleh konsumen/ pelanggan setia “KOMPAS”.

5.2 Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka saran penelitian yang dapat dipertimbangkan yaitu sebaiknya penerbit tetap mempertahankan mutu dan kualitas penyajian isi berita “KOMPAS” sehingga dapat menaikkan kesetiaan konsumen terhadap surat kabar harian Kompas dan tidak beralih pada surat kabar yang lain, yang tentunya memberikan penyajian ragam berita yang lebih menarik.
Dilihat dari variasi penilaian kepuasan konsumen, maka sangat dimungkinkan untuk “KOMPAS” melakukan stimuli yang dapat menaikkan kesetiaan konsumen. Hal ini juga didukung oleh pengaruh positif antara kepuasan konsumen dengan kesetiaan merek (loyalitas merek) pada penelitian ini.

0 komentar:

Posting Komentar

this me.. :D

this me.. :D
saya saya saya